Mengunjungi suatu daerah atau Negara tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya. Saat akan ke Korea, makanan pertama yang ingin saya incipi ialah Tteokbokki karena sangking populernya makanan ini di drama Korea. Berhubung Negara nonmuslim, jadi saya memilih makanan yang sekiranya halal, meskipun tidak seratus persen halal.

  1. Tteokbokki

photo 2-3

photo 3

Tteokbokki merupakan kuliner Korea yang paling populer dan dengan mudah ditemukan di pinggir jalan atau pusat-pusat keramaian seperti di pasar atau tempat wisata. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang direbus dibentuk silinder kemudian dipotong-potong, direbus lagi dengan saus pedas. Satu porsi Tteokbokki (piring kecil) seharga 2500-3000 won.

  1. Hotteok
hoddeok

Hotteok (sumber: all-thetown.blogspot.com)

Jajanan ini saya temukan ketika berada di Dongdaemun marker, dekat Doota. Hotteok merupakan pancake Korea yang terbuat dari tepung beras ketan, sekilas menurut saya seperti wingko tapi tidak pakai kelapa. Kita bisa memilih isiannya, ada gula coklat, madu, dan kacang giling atau biji-bijian. Rasanya manis kenyal-kenyal. Harga satu buah hotteok 1000 won. Tapi dijamin tidak akan cukup beli satu saja, maunya nambah lagi, hehe…

  1. Odeng
odeng21

Odeng (sumber: yunbie.blogspot.com)

Odeng merupakan makanan yang terbuat dari ikan. Cara membuatnya daging ikan dihaluskan dicampur tepung terigu. Ada yang bentuknya bulat seperti sosis ada juga yang pipih kemudian ditusuk seperti seperti sate kemudian direbus dalam kuah kaldu sayuran. Cara makannya bisa dimakan langsung atau dicocol dengan saus.

  1. Gurita atau cumi-cumi kering
Gurita dan Cumi-cumi kering

Cumi-cumi dan Gurita Kering (sumber: onlineshop-misscha.com)

Jajanan yang satu ini terbuat dari gurita dan cumi-cumi yang dikeringkan di atas arang. Gurita atau cumi-cumi kering biasanya sudah dibagi-bagi di gelas kertas.

  1. Kkultarae

14895396200_e08d4c6d92_z Kkultarae2

Kkultarae merupakan manisan berbentuk gulungan seperti benang terbuat dari madu dan gula berwarna putih dengan isian kacang-kacangan yang dihaluskan. Kalau menurut saya rasanya seperti arumanis.

Penjual Kkultara yang saya temui di Insadong adalah sekelompok anak muda. Mereka membuat langsung di depan pembeli sambil bernyanyi untuk menarik perhatian pembeli. Tak ayal, banyak juga orang lewat yang akhirnya berhenti karena tertarik dengan nyayian dan atraksi yang mereka buat. Jajanan ini biasa dijual dalam kotak, satu kotak isi 10.

  1. Hweori Gamja
kentang

(sumber: deer-luhan.blogspot.com)

Hweori Gamja merupakan panganan yang terbuat dari kentang utuh yang ditusuk menggunakan tusuk sate kemudian di potong spiral ditata memanjang kemudian di goreng. Cara penyajian makanan ini bisa dicocol dengan bubuk bumbu yang tersedia, seperti rasa keju, bawang, atau pedas.

  1. Jipangyi Ice Cream

photo 4-3

Jipangyi Ice Cream merupakan ice cream dengan cone yang panjang melengkung bagian bawahnya dan berlubang di bagian tengahnya. Es cream ini banyak ditemui di Dongdaemun market. Rasa ice creamnya lembut dengan cine yang renyah.

  1. Es buah

photo 4-7

Tidak tahu es ini nama koreanya apa. Saya membelinya ketika di Insadong. Terbuat dari serutan es dengan toping kadang merah dan buah-buasan kemudian di siram dengan susu coklat. Rasanya menyegarkan, apalagi dinikmati saat siang hari setelah lelah berjalan-jalan.