Tags

, , , , ,

Mau mencicipi berbagai makanan khas Korea? di sini saya rangkumkan beberapa makanan khas Korea Selatan yang wajib Anda nikmati saat berada di Korea.

  1. Kimchi

photo 1-2

Kimchi merupakan makanan khas korea yang terbuat dari sayuran fermentasi dengan aneka bumbu. Makanan yang biasa dibuat kimchi ialah sawi, lobak, dan mentimun. Kimchi merupakan makanan wajib yang selalu ada di setiap makanan di Korea. Rasa makanan ini asam pedas.

  1. Fried Chicken

photo 1

Ayam goreng yang satu ini kenapa wajib dicicipi? Karena rasanya yang beda dengan ayam goreng tepung fash food pada umumnya. Rasa tepungnya yang lebih padat dan renyah dengan perpaduan bumbu khas yang hanya bisa rasakan saat berada di Korea.

  1. Sup Ayam Gingseng

photo-4

Sup ayam gingseng merupakan kuliner khas Korea yang layak untuk dicoba. Terbuat dari ayam muda yang dimasak dengan gingseng kering, beras ketan yang sudah direndam sebelumnya, buah jujube kering, daun putih, dan jahe. Rasanya ringan dan menyegarkan karena terbuat dari ramuan obat yang dipercaya dapat menyehatkan. Makan Sup ayam gingseng lebih nikmat bila dipadukan dengan kimchi.

  1. Sup Kalbitang
kalbitang

(sumber: imgkid.com)

Sup Kalbitang atau sup iga sapi merupakan kuliner yang biasa disajikan di restoran tradisional Korea. Terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Korea, jamur, dan bihun. Rasa kaldu dari iga sapinya terasa sekali, pas sekali dinikmati dengan bihun.

  1. Galbi

photo

Galbi merupakan kuliner khas Korea yang merupakan daging panggang. Daging biasanya dimarinate terlebih dahulu sebelum akhirnya dipanggang. Pelayan restoran akan membantu mematong-motong dagingnya dan memanggangkan daging. Cara memakan daging ini biasanya dengan daun selada. Daun selada diberi potongan daging kemudian diberi irisan bawang putih yang sudah dipanggang bersama daging, diberi sedikit garam dan saus ssamjang, saus yang dibuat dari fermentasi pasta kacang dan pasta capai, tutup bungkusan daun selada langsung masuk mulut, rasanya mak nyus…. 😀

  1. Bibimbab

photo 1-5 photo 2-7

Salah satu makanan khas Korea yang satu ini sudah sangat terkenal. Bibimbab merupakan nasi campur ala korea yang terbuat dari nasi putih dengan aneka sayuran dan lauk ditata di atasnya. Bibimbab biasanya disajikan dimangkuk bulat dengan aneka sayur berbagai warna ditata diatasnya. Cara makannya dengan diaduk jadi satu. Bisa ditambahkan saus atau pelengkap lain.

Sekedar pengetahuan, di Korea ada namanya Bachan. Bachan ini merupakan hidangan pelengkap makanan korea yang disajikan di mangkuk-mangkuk kecil. Bachan biasanya terdiri dari nasi, sup, kimchi, dadar gulung, dan masih banyak lagi. Semakin formal makanannya semakin banyak bachan yang akan disajikan di meja. Maka tak heran jika Anda pesan satu hidangan tapi makanan yang anda terima penuh satu meja dengan bachan yang bermacam-macam.

Berikut ini macam-macam Bachan atau pelengkap makanan Korea:

photo 1-3 photo 2-5 photo 2-6 photo 2-4 photo 3-5 photo 3-4 photo 3-3 photo 4-2 photo 4