(Part 1)

Bismillah…..dapat request dari salah seorang teman yang ingin tahu tentang Brunei. Setelah saya pikir-pikir mau mulai cerita dari mana, bingung, padahal tiap hari ya disini, hehe…. Oke, saya mulai cerita dari letak geografisnya ya…..

Menurut geografinya, Brunei adalah sebuah Negara kecil yang terletak di Barat laut pulau Kalimantan. Luas Brunei sekitar 5.765 km persegi. Negara ini dikelilingi oleh Negara bagian Serawak, Malaysia yaitu Daerah Miri, Limbang, dan Lawas. Secara administrasi, Brunei Darussalam dibagi menjadi empat propinsi, yaitu: Brunai-Muara, Belait, Tutong, dan Temburong. Ibukotanya yaitu Bandar Seri Begawan.

peta brunei

Peta Brunei Darussalam (sumber: nationonline.org)

Ekonomi Brunei sebagian besar bergantung pada hasil minyak dan gas bumi. Sejak ditemukannya minyak di Seria pada tahun 1929, rakyat Brunei menikmati kesejahteraan hidup. Pendapatan perkapita Brunei adalah US$25.000 dan merupakan salah satu tertinggi di dunia (sumber: Majalah Fortune, February 1, 1999 page 54). Bahkan majalah Forbes menempatkan Brunei sebagai Negara terkaya kelima dari 182 negara karena ladang minyak dan gas alamnya yang luas.

Berbicara tentang pegawai negeri, Brunei adalah Negara yang termasuk tinggi jumlah pegawai negerinya, mencapai 12% dari total penduduk. Lebih tinggi dibandingkan Indonesia yang hanya 2% dari total penduduk. Sama dengan di Indonesia, menjadi pegawai negeri merupakan harapan banyak orang. Alasan yang melatari harapan itu adalah gaji dan bonus yang diberikan pemerintah.

Wilayah Brunei masih banyak diselimuti hutan. Pemerintah Brunei sangat menjaga kelestarian hutan dan keseimbangan alam. Karena itu, negara ini masih hijau dan udaranya relatif bersih. Memang faktanya, di kota saja kita masih akan menemui banyak pohon-pohon yang rimbun. Karena kelestarian hutannya ini, tak jarang pula ada tamu tak di undang (sebut saja monyet :D) masuk rumah mencuri makanan atau sekedar bermain di pohon-pohon.