Tags

Tujuan selanjutnya adalah ke patung Sejong. Untuk mencapai tempat ini kita hanya perlu menyeberang dari istana Gyeongbokgung. Letaknya di area Gwanghwamun Square. Di area ini terdapat dua patung, yaitu patung Raja Sejong dan patung Laksamana Yi Sun Shin.

P1220008

gambar : patung Sejong, di belakang nampak gerbang Gyeongbokgung Palace

Gwanghwamun square merupakan tempat yang dibangun dengan mengurai 16 jalur lalu lintas utama menjadi 10 ruas jalur utama. Area ini dulunya penuh dengan kemacetan. Semenjak dibangun Gwanghwamun square, tempat ini menjadi tempat yang asri syarat dengan informasi sejarah. Perlu diketahui bahwa pada masa pemerintahan Raja Sejong, huruf Hangeul (alphabet korea) ditemukan dan disebarluaskan, dan masih dipergunakan hingga saat ini. Oleh sebab itu, untuk mengabadikan jasanya, dibangunlah patung Sejong yang diletakkan di Gwanghwamun Square ini. Tinggi patung Sejong mencapai 9,5 m dan berat 20 ton.

P1220034

gambar: Patung Laksamana Yi Sun Shin

Di depan patung sejong terdapat patung Laksamana Yi Sun Shin. Laksaman Yi Sun Shin ialah laksamana Korea yang terkenal karena kegagahannya melawan Jepang. Sedangkan air mancur yang terdapat di depannya ialah symbol dari kegagahan Laksamana Yi Sun Shin.

P1220026

gambar: berfoto di depan patung Laksamana Yi Sun Shin

Dari belakang patung Laksamana Yi Sun Shin kita dapat berjalan turun melalui jalan bawah tanah menuju toko buku. Toko buku yang terletak di sebelah Gwanghwamun Square ini merupakan toko buku terbesar pertama di Korea yang dibuka tahun 1981. Sayang buku-buku yang dijual disana mayoritas berhuruf hangul, jadi kami hanya sekedar melihat-lihat saja dan sejenak melepas lelah di tempat minum samping toko buku.